Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara

Written By Evi Sri Rezeki on Selasa, 25 Oktober 2016 | 14.09

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara

Minum kopi telah menjadi gaya hidup yang tengah digandrungi berbagai kalangan dan lapisan masyarakat. Saat ini, anak muda menjadi garda terdepan untuk urusan edukasi kopi. Selain mengenal berbagai rasa kopi baik itu dari varian robusta dan arabika, mereka juga mempelajari cara bikin kopi. Alat membuat kopi memang cukup menguras kocek, tapi buat kamu yang pengin belajar bikin kopi tapi belum punya alatnya, bisa loh belajar bikin kopi di Kedai Kopi Bara yang terletak di jalan Cibadak no. 237 Bandung. Kedai ini menawarkan open bar sehingga kamu bisa langsung membuat kopi sendiri dan tentunya akan mendapat bimbingan dari para baristanya.


Beberapa minggu lalu, si Jamur Kembar berkunjung ke Kedai Kopi Bara. Inilah hasil liputan Jamur Kembar.

Sejarah
Kedai Kopi Bara adalah pelopor coffee shop yang mengedepankan manual brewing sejak tahun 2013, tahun berdirinya. Awalnya, berlokasi di jalan Aceh, Bandung, depan Southbank sebelum akhirnya pindah ke jalan Cibadak akhir tahun 2015.

Om Eri, sapaan akrab pemilik Kedai Kopi Bara ini dulunya berbisnis clothing. Karena lokasi di jalan Aceh itu banyak dikunjungi anak muda, Om Eri beralih bisnis kopi. Kopi mungkin adalah panggilan jiwanya Om Eri yang suka ekplorasi kopi. Om Eri mempelajari kopi secara otodidak. Kegemaran berbagi dan eksplorasi inilah yang membuat konsep kedai menjadi open bar. Fungsi kedai bagi Om Eri bukan hanya tempat menikmati dan membuat kopi, selain itu untuk connecting people. Menyambung tali silaturahmi, berbagi ilmu, dan berbagi kegembiraan.

Penasaran nggak sih kenapa nama kedai kopi ini kok Bara? Nama Bara diambil dari nama anak sulung Om Eri. Filosofi lebih dalam yaitu Bara merupakan simbol dari keluarga yang hangat. Maka enggak heran jika Kedai Kopi Bara mengusung kekeluargaan di antara para pemilik, barista, maupun pelanggannya. Saat ini ada tiga orang pemilik kedai yaitu Om Eri, Ko Andi, dan Ko Dian.

Tempat dan Pelayanan
Tema Kedai Kopi Bara adalah industrial, sebenarnya tema ini cukup umum dipakai kedai kopi. Perbedaannya terletak dari arsitektur bergaya klasik dari zaman Belanda. Ketiga pemiliknya sengaja enggak banyak mengubah desain tempat yang berdiri tahun 1890. Ada cerita unik seputar rumah tua ini. Alkisah, seorang Engkong beli rumah ini terus menjadikannya tempat roasting kopi yang besar kayak mesin kopi aroma. Mesinnya masih ada di pabrik olimpia. Seperti berjodoh, beberapa dekade kemudian Kedai Kopi Bara pindah ke rumah tersebut.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Suasana Kedai Kopi Bara

Pelayanan Kedai Kopi Bara patut diacungi jempol. Cepat, ramah, dan mengedukasi. Selain kamu bisa ngobrol tentang perkembangan kopi sejak zaman sejarah hingga terkini, para Baristanya dengan senang hati mau mendengarkan curhatanmu, lho.

Dari segi tempat, Kedai Kopi Bara terbagi menjadi tiga bagian. Halaman adalah smooking area. Bangku-bangku kayu tersusun berdekatan. Ada tanaman rambat yang membuat bagian ini terasa sejuk.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Ruang halaman Kedai Kopi Bara

Bagian kedua adalah bar, tempat kamu bisa melihat para barista membuat kopi, alat-alat manual brewing yang cukup lengkap seperti V60, Rok Presso, Kalita, AeroPress, Vietnam Drip, French Press, Chemex, Flat Button, dan Walkure. Kamu juga bisa ngobrol dan membuat kopi sendiri di area ini. Para Barista Kedai Kopi Bara akan dengan senang hati memuaskan keingintahuanmu terhadap kopi maupun cara pembuatannya.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Open bar di Kedai Kopi Bara

Bagian ketiga ada di belakang bar, terdiri dari lorong dengan jendela berwarna-warni, dan sofa yang dilengkapi perpustakaan mini. Kamu bisa membaca buku-buku pengetahuan tentang kopi maupun novel-novel dari nusantara dan dunia. Area ini ber-AC, cocok untuk mendinginkan tubuh dari cuaca panas.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Ruangan sofa Kedai Kopi Bara

Secara pencahayaan, ketiga ruangan tersebut memiliki tingkat terang dan tone yang berbeda-beda. Menurut Jamur Kembar, dengan adanya ketiga suasana ruangan yang disajikan Kedai Kopi Bara, cukup memenuhi berbagai mood konsumen.

Sajian Minuman
Sesuai dengan namanya, Kedai Kopi Bara, kopi menjadi sajian utama. Ada minuman berbasis Espresso seperti Cappuccino, Americano, Cafe Latte, Long Black, Affogato, dan lain-lain. Ada juga signature yang hanya dimiliki kedai ini seperti Baraccino dan Ladiesccino. Kamu bisa memilih beans untuk minuman berbasis espresso ini, ciri khas ada beans Papabara yaitu blend Bajawa (Flores) dan Bali.

Karena Kedai Kopi Bara ini spesialis manual brewing, kamu bisa menikmati berbagai single origin baik dari nusantara seperti Gambung, Ciwidey, Aceh, Flores, dan lain sebagainya, maupun beans negara lain seperti Ethiopia, Kenya, dan Brazil. Kamu bisa memilih alat dengan metode sesuai dengan seleramu. Dan sekali lagi, kamu boleh membuatnya sendiri. Di sini juga menjual biji kopi pilihan berbagai merk dan daerah untuk kamu bawa pulang.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Biji kopi pilihan

Jamur Twini si pencinta kopi mencoba espresso, cappuccino, dan single origin. Jamur Twina sih pilih Ladiesccino.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Jamur Kembar menikmati kopi

Espresso
Penasaran dengan blend Papabara, Jamur Twini mencobanya. Rasanya fruity banget, seperti rasa jeruk dengan tingkat asam, manis, dan pahit yang seimbang.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Espresso Kedai Kopi Bara

Cappuccino
Masih memilih blend Papara, Cappuccino Kedai Kopi Bara terasa seperti cake berkat komposisi espresso, susu, dan foam yang pas. Manis, pahit, dan gurih yang melebur dengan sempurna. Jangan lupa latte artnya yang cantik. Kamu juga bisa meminta berbagai gambar pada Barista-barista yang andal.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Cappuccino Kedai Kopi Bara


Single Origin Palintang
Single origin adalah kopi hitam yang mengeluarkan karakter dari biji pilihanmu. Jangan takut sakit perut atau pusing kepala karena kamu bisa meminta para Barista untuk menyajikan single origin sesuai seleramu. Bisa juga kamu meminta sajian dingin dengan es yang disebut Japanese Ice Coffee.

Waktu itu, Jamur Twini memilih biji kopi Palintang yang berasal dari Bandung Timur. Jamur Twini mencoba biji kopi Palintang yang di-roasting medium dengan alat V60. Rasanya lebih ke floral.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Single origini Palintang

Ladiesccino
Ladiesccino terbuat dari susu cair, es batu, espresso, sirup strawberry, dan vanilla frappe yang diblender. Di atasnya terdapat whipped cream dan butiran coklat berwarna merah. Dari segi penyajian cukup cantik dan menggugah selera. Bagi kamu yang kurang suka kopi, Ladiesccino cocok sekali. Ditengah rasanya yang semanis strawberry masih menyisakan rasa kopi yang khas dan lembut.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Ladiesccino Kedai Kopi Bara

Kedai Kopi Bara juga menyajikan minuman noncoffee seperti chocolate, milo godzilla, greentea latte, teh tarik, thai tea, dan lain sebagainya.

Sajian Makanan
Sajian makanan di Kedai Kopi Bara terdiri dari makanan ringan dan berat. Makanan ringan terdiri dari tahu lada garam, keju aroma, kuotie goreng, pratha keju susu, roti jaffle keju, dan lain-lain. Makanan berat terdiri dari nasi goreng cikur, nasi goreng smooked beef, ketoprak, mie, dan sebagainya.

Si Jamur Kembar mencoba tiga menu sekaligus yaitu pratha keju susu, kuotie goreng, dan roti jaffle kaya.

Pratha Keju Susu
Pratha keju susu berbahan dasar tepung pilihan mirip roti cane dari Aceh dengan bentuk melingkar-lingkar dan lebih kecil. Rasanya manis dan gurih meski tanpa tambahan toping keju dan susu. Mudah digigit dan dikunyah karena tingkat kekenyalan dan garingnya pas.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Pratha keju susu Kedai Kopi Bara

Kuotie Goreng
Kuotie goreng terbuat dari bihun, irisan ayam, telor, daun bawang, dan udang berbalut tepung berbentuk seperti pastel. Lengkap dengan saus kental yang manis, sedikit pedas, dan gurih. Satu porsi isinya lima dan mengenyangkan. Rasanya lezat banget! Jamur Twina menghabiskan kuotie goreng ini tanpa ampun walaupun ditatap penuh iri oleh Jamur Twini yang alergi udang.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Kuotie goreng Kedai Kopi Bara

Roti Jaffle Kaya
Roti Jaffle Kaya terbuat dari satu tangkup roti tawar beroleskan mentega dan sarikaya yang di-toast sehingga pinggirannya agak kering dan crunchy. Rasanya manis dan nikmat. Kamu bisa memilih flavor lain seperti coklat, keju, coklat keju, dan kaya keju.

Belajar Bikin Kopi di Kedai Kopi Bara
Roti jaffle kaya Kedai Kopi Bara

Penyajian platting ketiga makanan di atas sederhana namun enak dipandang.

Harga
Harga sajian minuman coffee berkisar antara Rp15.000,- sampai Rp33.000,-
Harga sajian minuman noncoffee berkisar antara Rp15.000,- sampai Rp30.000,-
Harga sajian makanan berat berkisar antara Rp11.000,- sampai Rp30.000,-
Harga sajian makanan ringan berkisar antara Rp15.000,- sampai Rp36.000,-

Promo Kedai Kopi Bara
Buat kamu yang ingin menikmati kopi di pagi hari, ada promo Morning Coffe khusus black coffee mendapatkan diskon 50%. Promo ini berlaku setiap hari dari jam 7.30 – 10.00 WIB.

So, buat kamu yang cinta banget sama kopi dan pengin belajar bikin kopi, segera saja meluncur ke Kedai Kopi Bara ^_^


Kedai Kopi Bara
Jl. Cibadak No. 237 Bandung
Jam buka senin – minggu pk. 7.30 – 22.00 WIB
Instagram: @kedaikopibara
SHARE

About Evi Sri Rezeki

1 komentar :

  1. Ahh kapucinonya cantiik banget,sayang buat dimakan yaa..
    ahh cemilannya bikin erut kerubukan pagi2 niy, btw harganya masih terjangkau untuk ukuran cafe ya,


    BalasHapus