Resep Sayur Kacang Khas Sunda

Written By Evi Sri Rezeki on Kamis, 15 Desember 2016 | 06.53

Resep Sayur Kacang Khas Sunda

Sayur kacang khas Sunda termasuk masakan favorit si Jamur Kembar. Udah lama juga ya nggak posting resep? So, Jamur Twina dan Jamur Twini di postingan kali ini mau berbagi resep sayur kacang khas Sunda ^_~


Pertama-tama, yuk siapkan bahan-bahan sayur kacang khas Sunda:
  1. 200 gram kacang merah
  2. Tahu 4 – 5 potong
  3. 1.000 ml air
  4. 1 potong lengkuas
  5. 1 buah tomat merah
  6. 2 lembar daun salam
  7. 2 buah cabai merah keriting
  8. 5 butir bawang merah
  9. 3 siung bawang putih
  10. Gula merah
  11. Garam secukupnya
  12. 2 batang daun bawang
  13. Seledri
  14. Asam Jawa


Cara membuat sayur kacang khas Sunda:
Sebelum membuat sayur kacang, mari kita olah dulu bumbunya

  • Cuci kacang merah sampai bersih lalu rendam selama 30 menit agar cepat empuk.
  • Potong tahu membentuk dadu
  • Iris tomat merah dengan arah memanjang.
  • Memarkan lengkuas.
  • Iris tipis bawang merah dan bawang putih dengan arah memanjang.
  • Iris tipis cabai merah keriting dengan arah menyerong, bisa kamu keluarkan dulu bijinya atau enggak, sesuai selera.
  • Iris daun bawang dengan arah memanjang. Jarak potong sekitar 1 cm.
  • Iris tipis atau tumbuh gula merah secukupnya lalu larutkan dengan air panas.
  • Potong ujung seledri yang mekar.


Setelah semua bumbu siap, mari kita mulai memasak sayur kacang khas Sunda.

  • Rebus air sampai mendidih di dalam panci sedang.
  • Masukkan kacang merah, daun salam, asam jawa, dan lengkuas. Rebus kacang merah hingga empuk dan air berubah kemerahan. Kemudian akan tercium harum daun salam dan lengkuas.
  • Masukkan potongan tahu, biarkan sampai setengah matang dan berubah warna kemerahan.
  • Masukkan bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabai merah sampai layu.
  • Masukkan gula merah dan garam secukupnya. Aduk sampai larut dan warna sayur menjadi merah kehitaman.
  • Masukkan daun bawang, aduk sampai merata. Biarkan sebentar sampai daun bawang layu. 
  • Angkat dan pindahkan ke dalam mangkuk sayur. Taruh seledri di tengah sayur.
  • Sayur kacang khas Sunda siap disajikan.

Untuk 3 – 5 porsi.

Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti irisan ayam atau tulang. Kalau sudah mencoba resep sayur kacang khas Sunda ini jangan lupa kabari Jamur Kembar ya, kami siap menghabiskan masakanmu he he he.



SHARE

About Evi Sri Rezeki

7 komentar :

  1. Wow, bisa dicoba nih. Biasanya klo aku kacang merah cuma dibikin sup.

    BalasHapus
  2. Kalau kacang merah di kampungku dimkan pake parutan kelapa.

    Pernah dapaet klien dari restoran korea ada menu Bingsoo, eh ternyata kacang merah dan es serut hehe



    BalasHapus
  3. wah resepnya bisa dicoba nih mba, saya pun penyuka kacang merah.
    thanks sharingnya ya mba, salam kenal juga :)

    BalasHapus
  4. aduhh lapeerr hhahaha bacanya pas lagi nunggu buka puasa :D .. aku suka kacang merah mbak, biasanya di Es Kacang Merah, kalau di masakan sayur baru ini tahu :) terima kasih ya

    BalasHapus
  5. Mbaakk.. Terlihat syegeerr... Aku penggemar kacang merah.. Sayangnya pak misua kurang suka kacang merah.. So aku jarang bikin menu kacang merah.. Paling sayur asem ku cemplungin kacang merah.. Hehe

    BalasHapus
  6. FDM printer run by a 1kg spool of filament and prints in layers. Bluetooth Headsets Three dimensional printing allows you to flip a digital 3D mannequin right into a tangible object. This article will assist the pc savvy to construct and print a cylinder mannequin using CAD software. This is these who|for many who|for people who} have CAD experience but not essentially these with printing experience. The basics of this tutorial may be utilized to far more complicated designs.

    BalasHapus