[Review + Giveaway] Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok

Written By Evi Sri Rezeki on Selasa, 23 Februari 2016 | 12.33

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Ayam bumbu bima, omelette spesial, dan tahu goreng

Lombok adalah destinasi wisata impian Jamur Twina dan Jamur Twini. Meski sudah pernah ke Bali dan tinggal menyebrang (ibarat kata tinggal sejengkal) ke Lombok, Jamur Twini belum berkesempatan ke sana. Ya sudah, kalau belum bisa jalan-jalan ke Lombok, minimal bisa merasakan kuliner khas Lombok dulu deh. Kebetulan restoran baru buka, namanya Ayam Cacah yang menyajikan sensasi kuliner khas Lombok. Yihaaa *\^^/*


Tempat
Sebenarnya bukan restoran, tapi salah satu konter makanan di Terrazo Food Court di Mal Festival Citylink Bandung, itu lho yang dekat bioskopnya. Konternya bersih, tempat duduknya berada di tengah-tengah lingkaran konter, sebagaimana layaknya foodcourt.

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Jamur Twina dan Jamur Twini suap-suapan :D

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Bersama Teh Yunis dan Rasi

Sajian Makanan
Sajian makanan khas Lombok di Ayam Cacah dibagi menjadi tiga jenis yaitu olahan daging ayam, olahan ikan, dan olahan sayur. Bahan daging ayam, ikan, dan sayur ini kemudian ada yang dibakar, direbus, dan digoreng. Tentu dengan bumbu pedasnya.

Namanya juga Ayam Cacah, pastinya menu jagoannya terbuat dari daging ayam. Cobain deh ayam bumbu bima. Daging ayam yang telah digoreng kemudian dibakar tersebut dicacah sehingga menjadi kecil-kecil. Bumbu bima sendiri adalah campuran irisan bawang merah, cabe, tomat segar, dan jeruk nipis. Rasanya pedas dan segar.

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Ayam bumbu bima


Ayam klungkung adalah ayam goreng yang langsung dicacah kecil. Bumbunya terdiri dari campuran cabai rawit merah, cabai hijau besar, bawang merah, bawang putih, dan minyak kletik yang ditumis sampai harum. Baru setelah itu bumbu dan ayam ditumis bersama hingga matang. Rasanya gurih dan pedas.

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Ayam klungkung

Ayam bakar ada dua varian menu yaitu ayam bakar plecingan dan ayam bakar oles. Ayam bakar ini modelnya satuan tanpa dicacah. Kamu bisa pilih bagian dada atau paha. Ayam bakar plecingan adalah ayamnya yang sudah dipotong kasar disajikan dengan sambal plecing di atasnya. Sambal plecingan terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi lombok, dan sedikit garam. Rasanya gurih, super pedasnya khas. Nah, kalau kamu kurang suka ayam yang ada tulangnya, kamu bisa nyobain ayam suwir plecingan.

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Ayam suwir plecingan

Ayam bumbu oles adalah ayam yang disajikan dengan bumbunya terdiri dari saus cabai, kaldu ayam, minyak sayur, bawang putih, garam, dan merica. Rasanya manis dan pedas.

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Ayam bumbu oles

Buat kamu yang kurang suka makanan pedas bisa pilih ayam goreng atau omelette telur spesial. Cantik banget deh plating-nya :D

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Ayam goreng

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Omelette telur spesial

Nah, untuk sajian olahan berbahan ikan enggak jauh beda dengan olahan daging ayam. Variannya terdiri dari ikan plecing, ikan oles, dan ikan goreng.

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Ikan bakar plecing

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Ikan bakar oles

Untuk varian menu olahan sayuran ada banyak yang istimewa. Cobain deh plecing kangkung yang terdiri dari kangkung segar, tauge, kacang goreng, dan tentunya bumbu plecing. Enggak kalah segar, cah kangkungnya krenyes-krenyes banget.

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Plecing kangkung

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Cah kangkung

Beberuk terong yang mirip karedok berbahan dasar terong bulat hijau, kacang, dan kacang panjang yang diiris kecil-kecil. Semua bahan itu disiram dengan saus tomat yang terbuat dari terasi lombok, rawit merah, gula, garam, dan tomat. Segar deh!

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Beberuk terong

Sambal terong bakar berbahan dasar terong ungu panjang yang dibakar. Bahan sambalnya sama dengan beberuk terong. Keduanya sama segar dan lezatnya.

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Sambal terong bakar

Sejauh nyobain semua menunya, nggak ada yang nggak enak. Semuanya mantap! Sesuai tagline-nya Ayam Cacah: racikan bumbu dan cara masak kami beda! Yang bikin semua menu di Ayam Cacah begitu istimewa adalah bahan terasi yang langsung didatangkan dari Lombok dan ehm ... satu lagi rahasia kata Chef-nya hehe.

Harga
Harga makanan satuan berkisar Rp10.000 sampai Rp36.000
Tersedia juga menu paket berkisar Rp28.000 sampai Rp34.000

Ayam Cacah: Sensasi Kuliner Khas Lombok
Paket ayam klungkung, omelette telur spesial, dan tahu goreng

Ayam Cacah
Festival Citylink
Jalan Peta No. 241
Food court lt. 3 no. 07

GIVEAWAY
Mau nyobain Ayam Cacah sensasi kuliner khas Lombok ini dan gratis? Yuk ikutan giveawaynya. Caranya gampang, baca aturan mainnya di bawah ini:

  • Follow akun twitter Jamur Twini @EviSriRezeki
  • Twit-kan info giveaway ini dengan format bebas yang penting memberitahukan giveaway-nya. Pakai tagar #AyamCacah dan mention akun Jamur Twini.
  • Jawab pertanyaan ini di kolom komentar postingan: 
Di antara semua menu di Ayam Cacah, kamu mau nyobain yang mana? Apa alasannya?
  • Sertakan nama dan akun twitter dalam jawaban ya.


Giveaway boleh diikuti oleh peserta seluruh Indonesia, tapi karena Ayam Cacah hanya ada di Bandung dan buat penukaran voucher kamu mesti ke Bandung *yaiyalah* kamu menanggung sendiri biaya transportasinya ya. Kalau pemenangnya di luar Bandung, anggap saja tabungan kalau nanti main ke Bandung ya.

Hadiah berupa voucher akan di-email-kan ke pemenang. Batas penukarannya lama kok. Sampai 31 Desember 2016.

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 23 Februari sampai 1 Maret 2016. Pengumuman satu pemenang tanggal 3 Maret 2016 di akun twitter Jamur Twini @EviSriRezeki

Ditunggu partisipasinya ya ^_^
SHARE

About Evi Sri Rezeki

18 komentar :

  1. Ikutan, yah, Evi. 😁
    Kalau aku mau coba semuanya. Hahaha, gak deng. Yang paling mau saya coba adalah Ayam Bumbu Oles. Kalau udah nyicip, biar tahu rasanya apa, kali aja bisa dipraktekin sendiri di rumah. Hehehe.

    BalasHapus
  2. Eh, nama akun twitternya belum. @dianandari 😁

    BalasHapus
  3. Naksir sama ikan bakarnya, Evii. Tapi Bandung jauuuuh *hiks*
    Sukses yah GA-nya :)

    BalasHapus
  4. Pengen nyobain Ayam Bumbu Bima aku mah. Ini yang paling unik kayaknya. Terus beda gitu masaknya, kayak mentah gitu ya? kebayangnya pedas-pedas segar pas dimakan. Nyam-nyam-nyam *lap ences*

    Uwien Budi, twitter @uwienbudi

    BalasHapus
  5. Pengen plecing kangkungnya. Mmmm....

    BalasHapus
  6. Pengen banget nyobain ikan bakar plecing sama sambal terong bakar, soalnya saya suuuukaaaa banget makan ikan dan terong, jadi mau banget nyobain ikan dan terong yang dikasih bumbu khas ini.. hmmm nyam..nyamm.nyamm apalagi makan bareng the twins ^_^. Twitternya @ummibindya

    BalasHapus
  7. Penasaran sama Ayam Bumbu Bima nya, dagingnya empuk nda ya? Dari bahan bumbunya sih lumayan bikin ngiler, nceesssss. Semoga menang dan dapat voucernya, twitter @horas_6hi

    BalasHapus
  8. Penasaran sama Ayam Bumbu Bima nya, dagingnya empuk nda ya? Dari bahan bumbunya sih lumayan bikin ngiler, nceesssss. Semoga menang dan dapat voucernya, twitter @horas_6hi

    BalasHapus
  9. Penasaran sama Ayam Bumbu Bima nya, dagingnya empuk nda ya? Dari bahan bumbunya sih lumayan bikin ngiler, nceesssss. Semoga menang dan dapat voucernya, twitter @horas_6hi

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Hai teteh,

    Sebetulnya ingin banget nyoba semua menu, bikin ngiler. Hehe Karena saya harus pilh mana yang paling ingin dicoba itu jatuh kepada si Ayam bakar plecingan, saya suka banget ayam bakar apalagi ditambah sambal plecing, pedas dan segar. Saya suka ayam suwir, simple dan ga ribet cara makannya, eits! tapi lebih suka yang bertulang soalnya lebih terasa sensasi makan ayamnya.

    Salam hangat,
    Zia

    twitter: @ziasubhan

    BalasHapus
  12. Nama : Syifa Fauziah
    Twitter : @fasyifauzia
    Jawaban : Ayam Bumbu Bima!!! Asli, dari awal udah ngeces baca deskripsi bumbunya yang seger banget, mirip sambal dabu-dabu favorit saya itu. Pedes cabe, asem jeruk nipis, seger tomat dan aroma bawang merah... Waa... Makan pas siang-siang terik sama minumnya es teh manis, kayaknya bakal serasa hidup udah lengkap meski masih jomblo. Eh... :D

    BalasHapus
  13. Ih, semuanya menggiurkan. Aku pengen nyoba ayam bumbu Bima, soalnya liat bahan2 bumbunya udah kebayang bakal jadi sebuah petualangan rasa baru.
    Sebenarnya sih, naksir juga dengan ayam klungkung & ikan bakar pelcingnya, soalnya aku penggemar ikan bakar. Bakal asyik kalau bisa nyobain rasa baru.

    Twitter: @EuisSriNur

    BalasHapus
  14. Enak banget... seneng liatnya banyak makanan terpampang gitu. Kamu makan semuanya? :))

    BalasHapus
  15. Hendi Setiyanto/@hendisetiyanto
    Ayam klungkung adalah ayam goreng yang langsung dicacah kecil. Bumbunya terdiri dari campuran cabai rawit merah, cabai hijau besar, bawang merah, bawang putih, dan minyak kletik yang ditumis sampai harum. Baru setelah itu bumbu dan ayam ditumis bersama hingga matang. Rasanya gurih dan pedas. hmmm dari penjelasan di atas mungkin akan berpikiran toh hanya ayam. Tapi saya sebenarnya penasaran dengan rasa dari perpaduan bumbu yang dipakai untuk ayam goreng klungkung ini. Jujur, saya belum pernah mencicipi masakan dari daerah Bali jadi ya penasaran seperti apa rasanya. Komposisi bumbu boleh familiar dengan yang ada di rumah, namun jika diracik oleh tangan-tangan dari daerah lain tentu akan menghasilkan komposisi dan rasa yang berbeda dan khas.

    BalasHapus
  16. Nama: Dyah Prameswarie
    Twitter: @dyprameswarie

    Pengen nyobain ayam klungkung, karena itu favoritku, pun mengingatkanku pada Lombok dan kulinernya yang pedas. Lombok dan kulinernya memang ngangenin dan jarang banget resto atau kafe yang menawarkan hidangan khas Lombok.

    BalasHapus
  17. Aku ingin sekali merasakan Ayam Bumbu Bima. Alasannya, aku pencinta rasa pedas. Membayangkan cacahan ayam goreng yang kemudian dibakar, pasti garing. Ditambah cabai dan jeruk nipis, asam menggigit lidah. Ditambah nasi panas, hmmm, serasa mulut tak ingin berhenti mengunyah. Kuliner Lombok, mengingatkanku pada pesona Lombok dari puncak gunung sampai bawah laut yang luar biasa. Ignas, @coconascookies

    BalasHapus