Mengenal Kuliner Khas Kota Solo

Written By eva sri rahayu on Minggu, 16 Oktober 2016 | 15.47



Mengenal  Kuliner Khas Kota Solo

Sumber gambar: www (dot) alilahotels (dot) com

Solo atau disebut juga Surakarta sangat melegenda dengan hasil karya batiknya, terkenal hingga mancanegara. Bahkan di Solo banyak terdapat sentra Batik yang menjadi object wisata terkenal di kalangan wisatawan, seperti Museum Batik Danar Hadi, Kampoeng Batik Laweyan, Batik Semar, Pasar Klewer dan masih banyak lagi. Namun sebenarnya tidak hanya dalam hal batik,Kota Solo menjadi layak untuk Anda kunjungi ketika liburan.


Tapi juga mengenal kuliner khas Solo yang selain terkenal mak nyusss, harganya rata-rata ramah di kantong. Tidak salah kalau kini Solo semakin banyak menjadi tujuan wisata, dan penginapan atau hotel di kota Solosemakin banyak. Sehingga memudahkan para wisatawan untuk menentukan penginapan mana yang sesuai selera serta budget dengan situs Traveloka. Namun tentu saja yang menjadi pertimbanganpilihan, selain berfasilitas memadai, harga sesuai, juga letaknya yang strategis.

Mengenal  Kuliner Khas Kota Solo

Sumber gambar: www (dot) alilahotels (dot) com

Strategis dalam arti dekat dengan tempat wisata yang dituju, seperti halnyaAlila Solo, hotel berbintang lima yang berada di Jalan Slamet Riyadi. Di sekitar lokasi terdapat tempat wisata,diantaranya: Dalem Kalitan yang merupakan rumah peristirahatan Presiden RI yang kedua-Soerharto. Di sini selain bisa menikmati keindahan arsitektur khas Jawa rumah joglo, Anda bisa melihat-lihat benda kenang-kenganan Bapak Soeharto dan Ibu Tien Soeharto.

Taman Balekambang yang merupakan wisata yang terkenal sebagai Kebun Raya Bogornya warga Solo karena konsepnya nyaris serupa. Selain sebagai wisata, Taman Balekambang menjadi paru-paru kota. Solo Paragon Mall, mall terbesar dan terlengkap di Kota Solo. Batik Semar, toko batik yang cukup terkenal di Solo, dan masih banyak lagi. Namun yang akan diulas di sini adalah kuliner Solo.

Mengenal Solo dari sisi kuliner khasnya pentingagar kita tidak sekedar tahu Solo hanya dari batiknya yang sudah mendunia. Karena itu yuk, sama-sama berkeliling mencari kuliner Solo yang bisa dijadikan tujuan wisata bila Anda liburan nanti.  Siapa tahu, ternyata lidah Anda cocok dengan citra rasanya.Berikutbeberapajeniskulinerkhas Solo yang bisa Anda coba:


Nasi Liwet Wongso Lemu
Mengenal  Kuliner Khas Kota Solo

Sumber gambar: pakdearie (dot) wordpress (dot) com

Nasi liwet atau nasi gurih yang ketika menanak nasi diberi bumbu sehingga rasanya sedap, lalu diliwet, bukan dimasak menggunakan rice cooker. Di Solosendiri, nasi liwet yang terkenal ada di dekat Keraton Mangkunegaran, nasinya disajikan bersama sayur jipang, kuah opor dengan daging ayam dipotong kecil-kecil atau disuwir-suwir, tidak lupa kuah santan kental dan diwadahi daun yang dipincuk. Rasanya terkenal benar-benar mak yuss. Jika Anda ingin mencobanya, jangan lupa Nasi Liwet Wongso baru buka pukul empat sore.

Pecel

Pecel sebenarnya merupakan kuliner yang sudah familiar, tidak hanya ada di Solo, tapi di Jawa Timur, Yogya, Semarang, bahkan juga Jakarta. Namun citra rasa pecel pada setiap daerah sepertinya berbeda-beda, memiliki keunggulan masing-masing. Pecel di sekitar Pasar Mbeling Solo ini terkenal enak.

Tengkleng 
Mengenal  Kuliner Khas Kota Solo

Sumber gambar: pakdearie (dot) wordpress (dot) com

Tengkleng ini kuliner sejenis gulai namun isinya bukan daging tapi tulang-tulang kambing, daging hanya melekat sedikit. Tulang-tulang yang digunakan termasuk tulang bagian kepala sehingga sering terdapat juga kuping, mata, namun soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Terutama tengkleng yang terkenal di Solo, tengkle Bu Ediyem yang berada di Pasar Klewer dekat gapuranya.

Baso

Nah, siapa yang belum tahu kalau baso itu yang ngetop dari kota Solo, terutama Wonogiri? Sampai baso yang banyak dijajakan di Jakarta rata-rata pedagangnya dari Solo, maka jelas begitu ke Solo basonya enak. Jadi kalau liburan ke Solo jangan sampai tidak mencoba basonya, terutama bagi Anda penggemar kuliner baso.

Timlo
Mengenal  Kuliner Khas Kota Solo

Sumber gambar: www (dot) diahdidi (dot) com

Timlo adalah kuliner khas Solo yang menyerupai sop hanya isinya bermacam-macam dan berbeda dengan sop biasa. Kalau Timlo selain wortel,  daging ayam yang dipotong kecil-kecil berikut jeroan ayam, hati, ampela. Juga berisi telur yang dipindang, biasa dihidangkan bersama nasi panas. Timlo yang terkenal kelezatannya Timlo Sasto, berada di Pasar Ghede Solo.

Dan bermacam-macam lagi kuliner khas Solo lainnya yang bisa Anda jumpai ketika berlibur ke sana. Jangan lupa untuk singgah menginap di hotel yang cukup recomended di Solo, yaitu Alila Solo. Dimana selain wisata kuliner, Anda dapat mengunjungi wisata lainnya yang ada di sekitar lokasi hotel tersebut.

SHARE

About eva sri rahayu

0 komentar :

Posting Komentar