Menu Berbuka Puasa Yang Sehat Dan Enak

Written By Evi Sri Rezeki on Sabtu, 03 April 2021 | 16.01

 

Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Enak

Ketika waktunya buka puasa, menu berbuka puasa yang ada di top of mind Jamur Kembar tidak akan jauh-jauh dari es teh dan gorengan. Dua itu adalah menu berbuka puasa yang paling sederhana dan paling gampang didapatkan. Meskipun mudah didapat, sederhana, dan murah, tapi makan gorengan terus-terusan selama satu bulan itu bakalan ngebosenin dan tidak sehat juga. Ada tidak sih pilihan menu berbuka puasa yang sehat dan enak?

Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat tentang makanan sehat juga semakin meningkat. Beredarnya informasi di dunia maya juga mengambil peranan penting dalam menyajikan informasi mengenai ragam makanan berbuka puasa.

 

Saat puasa, tubuh kita tentu membutuhkan nutrisi. Badan terasa lemas juga ya buat siapain menu berbuka puasa yang rumit. Kira-kira makanan apa yang cocok dijadikan menu berbuka puasa selain gorengan? Beberapa pilihan menu berbuka puasa yang sehat dan enak juga mudah dibuat ini bisa dijadikan referensi.

 

Kurma

Tidak mungkin melewati puasa tanpa adanya penjual kurma di sepanjang jalan. Baik itu yang memang sudah lama jualan kurma, ataupun penjual kurma dadakan. Kurma memang menjadi ciri khas di bulan Ramadan. Kurma ini ada beberapa jenis, dari mulai Amer Hajj, Barhi, Dayri, Daglet Nor, sampai yang paling populer adalah kurma Ajwa.


Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Kurma - Image by Bzee Sun from Pixabay

 

Kurma memang dianjurkan untuk dikonsumsi di bulan Ramadan ini karena kurma memiliki kandungan gula yang cukup untuk mengembalikan energi setelah seharian penuh berpuasa. Kurma tidak hanya nikmat bila mau disantap langsung, tapi juga bisa diolah menjadi beragam sajian menu yang tidak kalah sedapnya. Bisa untuk puding atau bolu, misalkan.

 

Sapo Tahu

Walaupun tidak terlalu populer sebagai menu berbuka puasa, tapi sapo tahu ini rasanya juga tidak kalah nikmatnya. Ini cocok untuk buka puasa, karena terbuat dari tahu yang lembut, jadi perut kita tidak akan kaget ketika makan tahu. Tentunya sapo tahu isinya bukan hanya tahu, ada seafood, ayam, sampai berbagai jenis sayuran bisa dibuat sebagai isian sapo tahu ini. Ditambah kuah sapo tahu juga membantu untuk memenuhi kebutuhan elektrolit yang hilang akibat berpuasa.


Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Sapo Tahu - Image by Frank Zhang from Pixabay


Mashed Potato

Apa yang pertama kali terpikirkan ketika menyebut kentang? French fries? Perkedel? Sop? Betul! Memang umumnya kentang diolah seperti itu. Tapi pernah mendengar mashed potato? Biasanya mashed potato ini muncul di film-film Hollywood, karena memang di Amerika sana, bahan makanan utamanya kentang, beda dengan di Asia yang dominan nasi.


Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Mashed Potato - Image by Mogens Petersen from Pixabay

 

Mashed potato atau kentang tumbuk ini dapat menjadi opsi alternatif untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang dipercaya lebih sehat dibanding nasi putih. Selain mengandung karbohidrat, kentang juga kaya kandungan karotenoid yang berperan penting untuk kesehatan jantung selama bulan puasa, apalagi.cara membuatnya juga mudah. Kukus kentang sampai lunak, lalu haluskan bersama mentega, susu cair, dan keju parut. Aduk hingga teksturnya menjadi sedikit lengket. Kalau mau ditambah daging steak juga boleh, steak wagyu, jangan steak golf. Wow!

 

Sup Ayam Makaroni

Kenikmatan sup ayam makaroni ini kayaknya tidak bisa didebat lagi. Rasanya yang enak dan hangat di perut akan membuat perut merasa nyaman setelah menahan lapar seharian. Sup ayam makaroni ini memiliki indeks gliskemik yang rendah, sehingga dapat mengembalikan energi dan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

 

Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Sup Ayam Makasroni - Sumber Pixabay

Rendahnya indeks gliskemik ini juga dapat memperlambat proses penyerapan glukosa. Sup ayam makaroni ini bisa ditambah sayuran atau seafood supaya manfaatnya lebih optimal. Sup ayam makaroni ini membuat kenyang dengan porsi yang tepat, kalau mau membuat sup ayam dengan kuah sebaskom sementara makaroninya segenggam, itu bukan kenyang tapi kembung.

 

Salad

Vitamin dan serat adalah kebutuhan utama tubuh kita, baik pada saat bulan puasa atau bulan lainnya. Cuma memang di bulan puasa mungkin kebutuhannya lebih meningkat dibanding bulan biasa. Nah, salah satu menu yang bisa dijadikan menu berbuka puasa yang kaya akan vitamin dan serat adalah salad. Salad ini salah satu menu favorit Jamur Kembar, lho!


Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Salad - Image by Free-Photos from Pixabay

 

Gado-Gado

Kalo salad mungkin agak asing rasanya di lidah kita. Karena salad itu kan semacam sejumput sayuran yang kita kunyah. Sebagai penduduk dari sebuah negara yang kaya rempah yang rasanya tajam, salad mungkin tidak terlalu familiar. Tapi siapa bilang kita tidak punya salad yang enak? Ada lho! Namanya salad with peanut sauce, alias gado-gado! Salad lokal dengan citarasa internasional!


Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Gado-gado - Instagram.com/gito_este

 

Salad kearifan lokal alias gado-gado ini harganya murah meriah, sekitar lima belas ribu. Walaupun murah, tapi gado-gado ini cukup kaya. Sayuran pada gado-gado akan memenuhi kebutuhan serat dan vitamin. Sementara pendampingnya, seperti telur dan tahu dapat menjadi sumber protein. Sementara bumbu kacangnya, selain memberikan rasa nikmat juga dapat menjadi sumber kalori yang lezat!

 

Puding Buah

Apakah Jamur Twina dan Twini sudah menyebut makanan manis? Belum? Baik, mari kita mulai bergeser ke makanan manis. Bagaimana dengan puding buah? Oke dong? Selain manis, puding dan buah-buahan sendiri sebenarnya adalah dua hidangan yang mengandung serat dan vitamin.

 

Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Puding Buah - Image by RitaE from Pixabay 

Ketika puding dan buah bersatu, tentunya manfaat yang didapat akan lebih besar. Selain rasanya yang manis dan manfaatnya yang banyak. Secara tampilan pun kita bisa membuatnya sesuka hati. Puding strawberry bisa ditambah potongan strawberry atau kiwi, puding vanilla dengan potongan buah mangga, puding mangga dengan buah… punten. Punten… mangga… oke, skip!

 

Oatmeal

Ada yang tahu oatmeal? Oatmeal itu adalah bahan makanan yang berasal dari oat, oat adalah salah satu jenis tanaman yang masih ada hubungan keluarga dengan gandum. Bedanya oatmeal dengan gandum adalah oatmeal bisa dikonsumsi langsung, sementara gandum harus diolah dulu menjadi tepung untuk kemudian dibuat roti.

 

Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Oatmeal - Image by annafood from Pixabay

Oatmeal cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa tanpa gorengan, terutama bila mengingat waktu puasa yang terbatas dan dekat dengan waktu tarawih. Jadi ada baiknya jangan langsung makan makanan berat, kaget perutnya nanti. Oatmeal cocok untuk mengganjal perut hingga selesai tarawih. Oatmeal bisa ditambah beragam jenis buah atau susu sebagai toping, supaya bisa lebih ada rasanya.

 

Ikan Bakar

Menu berbuka puasa yang sehat dan enak selanjutnya adalah ikan bakar. Ikan bakar ini adalah menu yang sangat rendah lemak. Dan untuk menjaga kadar lemaknya tetap rendah, maka ikan harus diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya dengan cara dibakar, gurame, dorang, atau kakap adalah salah tiga ikan yang enak ketika dibakar. Dan supaya lebih sehat, bisa digunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Kecap manis, jeruk nipis, merica, cabe bisa dijadikan pilihan sebagai bumbu tambahan supaya lebih nikmat.


Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Ikan Bakar - Image by armennano from Pixabay 

 

Tumis Sayuran

Tumis sayuran ini adalah menu berbuka puasa yang sehat dan enak yang cocok di lidah. Tumis sayuran ini bisa dibilang salad tapi yang ditumis. Sayurannya bisa dipilih sesuai selera, kangkung, bayam, sawi, bisa dicampur bakso, udang, ayam suwir. Ditumis pake minyak zaitun, akan jadi sajian yang Andra and The Backbone, sajian yang sempurna. Hehe….


Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Tumis Sayuran - Image by Candace Towner from Pixabay

 

Daging Panggang

Last but not least, menu berbuka puasa yang sehat dan enak adalah daging panggang! Ini pilihan yang sangat baik. Tapi perlu dipastikan daging sapi yang diolah sudah dipangkas semua lemak dan kulitnya, pilihlah jenis daging yang tanpa lemak dan olahlah dengan cara dipanggang seperti steak agar lebih sehat.


Menu-Berbuka-Puasa-Yang-Sehat-Dan-Enak
Daging panggang - Image by Felix Wolf from Pixabay


 

Satu catatan penting. Jika ingin menyantap menu berbuka puasa yang sehat dan enak ini dengan baik dan manfaat maksimal, maka makanan ini harus dimakan di waktu tertentu, yaitu… setelah waktu berbuka puasa tiba. Ya iyalah….

 

SHARE

About Evi Sri Rezeki

0 komentar :

Posting Komentar