Home » , , » Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan

Written By Evi Sri Rezeki on Senin, 29 Mei 2017 | 00.11



Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Restoran Bijin Nabe Beauty Hot Pot

 
Apa sih hubungannya makanan dan kecantikan? Sepanjang pengetahuan Jamur Kembar, cara biar kita bisa sehat dan cantik ada tiga yaitu, pola istirahat, pola makan, dan olahraga teratur. Nah kan, berarti apa yang kita makan itu erat banget kaitannya sama kesehatan dan kecantikan. Artikel kali ini selain memperkenalkan sebuah restoran dan menunya, Jamur Kembar akan membahas tentang kandungan gizi bernama kolagen. Nah loh, apa pula itu kolagen?


Kolagen dan Manfaatnya
Pernah dengar kata kolagen? Buat kamu yang peduli dengan kandungan gizi pada makanan pasti udah pernah kenalan sama kolagen. Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino, terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti glycine, proline, hydroxyproline dan arginine. Dan kolagen ternyata adalah protein utama dalam kulit, tulang, tendon, tulang rawan, dan jaringan ikat kita.

Kolagen berguna untuk menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen. Kolagen ini sebetulnya diproduksi sendiri oleh tubuh manusia hingga umur 20 tahun. Setelah itu kadar kolagen akan terus menurun kurang lebih 1,5% setiap tahunnya. Oleh karena itu untuk mempertahankan keseimbangan kolagen dalam tubuh, diperlukan asupan kolagen tambahan dari luar.

Karena salah satu fungsi kolagen ini mengganti dan memulihkan sel-sel kulit mati, membentuk jaringan fibrosa agar sel-sel baru dapat tumbuh, kolagen bisa yang seimbang dalam tubuh bisa menghambat penuaan. Kulit bakal terlihat sehat dan cantik.

Normalnya dari sekitar usia 40 tahunan, kulit menjadi kendur, garis-garis dan kerutan bermunculan, dan tulang rawan pada sendi menjadi lemah. Maka muncullah bermacam-macam produk medis dan estetika yang mengklaim mampu menghambat proses penuaan atau dikenal dengan istilah anti aging. Sebenarnya dengan pola makan sehat akan merangsang produksi kolagen. Terutama makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, tembaga, anthocyanidins, dan proline. Berbagai nutrisi tersebut dipercaya dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh.

Sup Ayam dan Kolagen
Ada satu makanan yang mengandung banyak kolagen. Jamur Kembar yakin kalian hampir selalu mengonsumsinya tapi enggak sadar saja sih lagi makan kolagen. Makanan itu adalah ayam. Iya, ayam.  Ayam merupakan sumber kolagen yang mengandung asam amino paling lengkap seperti glutamin, arginin, prolin dan glisin dibandingkan hewan ternak lainnya. Bekerja lebih cepat dalam tubuh manusia untuk memproduksi substansi yang bisa mencegah inflamasi. Pada ayam, kolagennya mengandung glukosamin dan chondroiting yang bisa mencegah dan mengurangi inflamasi dan luka.

Ada banyak olahan masakan berbahan ayam, tapi olahan berbentuk sup ayam membuat kita lebih mudah menyerap kolagen. Selain sebagai sumber protein, daging ayam menghasilkan kalori, namun berbeda dengan daging hewan konsumsi lainnya, daging ayam memiliki jumlah kalori yang lebih rendah. Oleh karena itu daging ayam dapat dipakai sebagai bahan makanan yang baik untuk mengendalikan pertambahan berat badan dan cocok bagi yang sedang melakukan program diet, berguna membantu penyembuhan dari penyakit dan sebagai bahan nutrisi para lansia.

Ayam banyak dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. 2 jenis ayam yang biasa dikonsumsi yaitu ayam ras dan ayam lokal. Kedua jenis ayam ini menjadi sumber protein hewani. Untuk itu penting kita mengetahui komposisi gizi dari daging ayam yang sering kita konsumsi ini.
 .
Lihat tabel, kandungan protein dalam ayam, ada sejumlah 18,2 % per 100 gr, tertinggi dibanding bebek, domba, kambing, bahkan sapi. Ayam juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik juga.

 
Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Tabel komposisi gizi

Enggak semua ayam merupakan sumber kolagen terbaik, hanya ayam yang berasal dari peternakan organik dapat menghasilkan kolagen terbaik Selain itu pengolahannya juga harus sangat hati-hati karena bisa saja kolagen akan rusak, layaknya protein alami kolagen bisa berkurang manfaatnya apabila enggak ditangani dengan baik.

Restoran Bijin Nabe Beauty Hot Pot
Ngobrolin soal sup ayam, sejak awal April 2017 ada restoran Jepang di Jakarta baru saja buka yang menyajikan menu utama hot pot dengan sup ayam yang mengandung golden collagen. Namanya restoran Bijin Nabe Beauty Hot Pot, restoran pertama di Indonesia yang menyajikan menu hot pot dengan sup ayam yang mengandung golden collagen.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Buku menu Bijin Nabe Beauty Hot Pot

Bijin Nabe Beauty Hot Pot adalah restoran jaringan AP Company Co., Ltd perusahaan yang berbasis di Jepang dan mengoperasikan jaringan restoran lebih dari 250. Bijin Nabe juga baru diluncurkan di Singapura dan Filipina.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Restoran Bijin Nabe Beauty Hot Pot

Hiromi Kasai, Direktur AP Company mengatakan, "Kami memilih Jakarta sebagai lokasi restoran pertama kami di Indonesia karena konsumen di Jakarta sangat sadar akan kesehatan dan kecantikan. Hal ini menjadikan Jakarta pilihan pertama yang masuk akal untuk mempromosikan bagaimana beuaty hot pot dengan sup kolagen yang kami hidangkan menjadi cara yang lezat untuk mendapatkan kulit yang cantik dan kesehatan tubuh yang lebih baik."

Hot Pot
Di Indonesia Hot Pot lebih dikenal sebagai Sukiyaki, yaitu makanan yang disiapkan dalam pot panas khas Jepang. Gaya memasak dengan menggunakan hot pot  ini juga disebut gaya “nabemono”. Satu porsi hidangan hot pot sering kali terdiri dari berbagai bahan yang dicelupkan ke dalam sup kaldu ayam seperti sayuran, tofu, dan sohun. Cara makan hot pot ini memang unik, kita menyantap daging dan sup sambal tetap dipanaskan. Hot pot biasanya disantap pada musim dingin di Jepang, dan memiliki rasa yang enak dan sedikit manis.

Sup Ayam Berkolagen Tinggi Bijin Nabe Beauty Hot Pot
Restoran Bijin Nabe Beauty Hot Pot ini punya menu andalan yaitu sup ayam dengan kandungan golden collagen. Memang apa bedanya sih sup ayam Bijin Nabe? Bedanya ada di kaldu ayam. Ayamnya khusus diternakan secara organik di Jepang. Jadi ayam-ayamnya bebas berkeliaran di luar kandang dan selalu mendapat perawatan serta pemilihan pakan yang ketat. Hasilnya adalah ayam lebih berdaging dan sedikit mempunyai lemak.

Cara pembuatan kaldu ayam Bijin Nabe ini dibuat dengan perlahan-lahan, merebus tulang ayam lebih dari 8 jam, membiarkan semua kandungan gizinya melarut. Dibuat dengan resep rahasia Tsukada Nojo menjadikannya sangat lezat karena semuanya begitu seimbang.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Kaldu ayam beku

Saatnya Jamur Kembar nyobain sup ayam berkolagen tinggi. Mbak dan Mas Bijin Nabe menyiapkan mangkuk dan piring-piring kecil kemudian menyiapkan satu kuali besar yang ditempatkan di atas kompor listrik. Datanglah kaldu ayam yang masih beku seperti tahu dimasukkan ke dalam kuali, lama-lama mencair dan jadi sup. Setelah sup panas, sedikit demi sedikit daging ayam, tofu, dan sayuran dimasukkan sampai matang. Sambil menunggu matang, Jamur Kembar minum ocha, teh Jepang khas.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Sup kolagen

Ada empat pilihan rasa sambal atau campuran penyedap yaitu red pepper dan garlic, chili sauce, yuzu pepper, green onion oil. Karena Jamur Kembar suka pedas jadilah pilihan jatuh ke penyedap yang mengandung cabe dan merica. Ayamnya lembut dan mudah dimakan. Supnya juga gurih, lembut, dan hangat. Apalagi setelah dicampur sambalnya. Sedap! Sup kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot paduan kelezatan, kesehatan, dan kecantikan. Kenyang makan, kok rasanya kulit Jamur Kembar mengencang gitu ya. He he he.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Empat pilihan penyedap sup kolagen (foto: Lygia Pecandu Hujan)

Bijin Nabe Beauty Hot Pot menyajikan sup kolagen ayam dalam lima jenis yaitu original, pedas, seafood, sukiyaki, dan shabu-shabu. Setiap jenis disajikan bersama sayuran segar dan dengan pilihan ayam, seafood, atau daging sebagai satu set. Selain sajian hot pot lengkap dengan sup kolagen, menu Bijin Nabe juga menghadirkan berbagai macam hidangan spesial seperti ramen Bijin Men yang hanya tersedia saat makan siang. Masih banyak menu yang mesti kamu coba seperti sushinya yang berbahan dasar lengkap dan rasanya juga nikmat.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Jamur Kembar menikmati ocha
Harga satu porsi sedang sup kolagen adalah Rp298.000 dan bisa dinikmati oleh 2-3 orang. Untuk porsi besarnya berkisar Rp400.000 dan bisa dinikmati oleh 3-4 orang. Enggak bakal nyesel kok, harga dan kualitasnya cocok banget.
Interior Bijin Nabe Beauty Hot Pot
Desain restoran Bijin Nabe Beauty Hot Pot di Jakarta adalah buah karya kolaborasi Yoko Shibata yang telah mengerjakan banyak proyek pusat perbelanjaan dan restoran terkemuka di Jepang, dan perancang pemenang penghargaan Yasomichi Morita yang aktif terlibat dalam berbagai proyek skala global. bersama-sama mereka menciptakan suasana yang dinamis dan mewah untuk melengkapi cita rasa lezat Bijin Nabe Beauty Hot Pot.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Lampu besar paduan kristal dan lampion

Desain interior Bijin Nabe Beauty Hot Pot ini elegan banget. Lihat saja lampu besar yang cantik paduan antara Kristal dan lampion berwarna biru.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Tempat duduk Restoran Bijin Nabe Beauty Hot Pot

Tempat duduk dari kayu dan berbusa membuatnya tetap nyaman dan asyik berlama-lama. Dinding dari kayu dan setiap tempat duduk dipisahkan oleh tirai ukiran kayu yang manis. Di beberapa dinding ada foto-foto bernuansa Jepang seolah membawa kita ke negeri sakura.

Sup Kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot Paduan Kelezatan, Kecantikan, dan Kesehatan
Foto-foto bernuasa Jepang

Jadi buat kamu yang ingin menjaga kecantikan, kesehatan, dan sekaligus mencicipi masakan lezat bersama keluarga, sahabat, dan kekasih, datang saja langsung ke Bijin Nabe Beauty Hot Pot.


Bijin Nabe Beauty Hot Pot
Plaza Senayan Lt. 5
Jl. Asia Afrika no 8, Gelora, Tanah Abang
Jakarta Pusat
Instagram: @bijinnabe_id
Telpon: 021-5725064
SHARE

About Evi Sri Rezeki

3 komentar :

  1. Nggak rugi nih mba mencoba Bijin Nabe, mba :)

    BalasHapus
  2. Tempatnya khas restoran Jepang yang senang menyantap makanan bersama keluarga dan rekan kerja ya. Sepertinya cocok nih untuk dijadikan tempat berbuka puasa.

    BalasHapus
  3. tempatnya cozy ya mba :D harganya pas untuk porsi ya mba, jadi pengen ke sana sama keluarga

    BalasHapus