Home » , » Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage

Written By Evi Sri Rezeki on Jumat, 22 Juli 2016 | 21.58


Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage


Pencinta kopi semakin hari semakin berkembang, baik di kota besar ataupun kota kecil. Masyarakat mulai mengenal kopi lebih dalam, tidak hanya kopi sachet atau kopi berbasis susu seperti cappucinno dan cafe latte melainkan melirik single origin dari berbagai varietas kopi. Market yang luas menyebabkan pertumbuhan kedai kopi yang signifikan jumlahnya. Kota Cimahi yang berdekatan dengan Kota Bandung pun mulai banyak berdiri kedai-kedai kopi yang menghidangkan kopi khas Indonesia.


Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Selamat datang di Warisan Kopi

Jamur Twini, sang pencinta kopi tak mau ketinggalan berburu kedai kopi di Kota Cimahi. Sampailah Jamur Twini ke sebuah halaman Plaza Sangkuriang, Cimahi. Di sana ada kedai kopi kece namanya Warisan Kopi. Jamur Twini mendapat sambutan hangat dari Teh Irene dan Kang Yudi, pasangan pemilik kedai ini.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Jamur Twini dan Teh Irene

Tempat
Karena letaknya di plaza, kamu tidak akan kesulitan buat parkir mobil maupun motor. Tempat parkirnya cukup luas dan aman.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Graffiti menghias dinding Warisan Kopi

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Meja dan kursi kayu di Warisan Kopi

Tempat Warisan Kopi tidak terlalu besar, semi terbuka, namun nyaman dengan furnitur meja dan kursi dari kayu. Dindingnya bercat hitam menampilkan graffiti atribut kopi berwarna putih karya Billy Morghan. Di sana juga kamu bisa membaca buku karena tersedia perpustakaan mini miliki Kang Topan. Memang Warisan Kopi ini punya konsep kekeluargaan yang mengusung kreatif bersama. Selain buku, ada juga display tas Katia, tas berkualitas baik produksi asli Cimahi. Jamur Twini sangat mengapresiasi konsep Teh Irene dan Kang Yudi ini.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Ada perpustakaan mini di Warisan Kopi

Mengapa Warisan Kopi?
Jamur Twini penasaran kenapa nama kedai kopi ini Warisan Kopi? Setelah bincang hangat dengan Teh Irene dan Kang Yudi, Jamur Twini menyimpulkan bahwa kedai kopi ini ingin mengenalkan pada khalayak tentang kekayaan rasa kopi nusantara yang berasal dari zaman Belanda. Kopi adalah produk budaya Indonesia, kita sebagai generasi kekinian telah mendapat warisan kekayaan budaya tersebut dan bisa menikmatinya dengan bebas, tidak seperti nenek moyang kita yang kesulitan hanya untuk minum segelas kopi saja.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Interior Warisan Kopi

Sajian Minuman
Tak berlebihan jika Warisan Kopi bertagline House of Indonesian Coffee Heritage karena banyak sekali jenis-jenis kopi dari nusantara seperti dari Flores, Kintamani, Garut, dan lain-lain.

Sajian minuman di Warisan Kopi terdiri dari classic hot seperti long black, cappuccino, dan cafe latte. Ada cold coffee seperti ice caramel, ice cappuccino, dan ice mocha. Selain itu ada signature drink kreasi Kang Yudi seperti warisan hot float, juga ada minuman noncoffee seperti berbagai minuman smoothies. Jadi buat kamu yang kurang suka kopi masih bisa nongkrong cantik di sini sambil menikmati signature drink atau smoothies. Yeay! Setiap bulan, Kang Yudi mengganti-ganti signature drink sehingga kita akan terus penasaran untuk mencobanya setiap kali datang.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Single origin Warisan Kopi

Dalam dua kesempatan berkunjung ke Warisan Kopi, Jamur Twini mencoba empat minuman yaitu warisan hot float, cafe latte, single origin Garut Honey dan Ciwidey. Ceritanya pengin nyobain semua jenis minuman kopi dengan berbagai metode, dengan sabar Kang Yudi menjabani keinginan Jamur Twini. He he he.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Kang Yudi sedang membuat kopi dengan alat V60

Kang Yudi ini punya pengalaman bertahun-tahun menggeluti dunia kopi. Sejak tahun 2002, beliau telah menjadi barista. Mengikuti beberapa training seperti training suplier kopi, training barista, Q grader, dan pernah menjadi Head Bar & Operational Cevron. Makanya walaupun Warisan Kopi baru berdiri tahun 2015, kedai kopi ini bisa merepresentasikan kekayaan rasa kopi nusantara.

Warisan Hot Float
Warisan hot float adalah minuman berbahan dasar bubuk kopi Lintong, vanilla frappe, dan es krim vanilla yang di-blending sedemikian rupa tersaji dalam cangkir kaca sehingga terlihat manis. Jamur Twini melihat dari pinggir, ketiga bahan tersebut membentuk tiga lapis berwarna putih, coklat kehitaman, dan putih lagi. Rasanya lembut, mudah diminum, manis, dan gurih.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Warisan Hot Float

Cafe Latte
Cafe latte terbuat dari kopi flores (atau bisa diganti kopi apa saja sesuai selera) yang telah diproses dengan mesin espresso bercampur dengan susu yang dituangkan dengan gelas berkemiringan tertentu. Cara menuangkan susu ini membentuk latte art berbentuk bunga. Rasanya sudah manis tanpa menuangkan gula, tapi kalau kamu lebih suka menambahkan gula juga rasanya enak.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Cafe Latte Warisan Kopi

Warisan kopi menggunakan susu dari daerah Dago, Bandung, yang sapinya diberi makan lepas di padang rumput. Kesegarannya terjaga.

Kopi Garut Honey Menggunakan V60
Kopi Garut honey kali ini menggunakan metode manual brewing dengan alat V60. Sekilas cara membuatnya terlihat mudah, padahal pada praktiknya jika suhu air, cara menuangkan air panas, dan lama menuangkannya tidak tepat, tidak akan mengeluarkan karakter kopi yang maksimal.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Segelas kopi Garut Honey

Single origin kopi Garut Honey bikinan Kang Yudi adalah favorit saya di Warisan Kopi. Aromanya kuat, rasanya manis, asamnya tidak terlalu kuat, mudah diminum, dan ada rasa buahnya.

Kopi Ciwidey Menggunakan Syphon
Beberapa kali Jamur Twini menyaksikan penggunaan syphon untuk membuat segelas kopi. Prosesnya yang unik membuat Jamur Twini Penasaran ingin melihatnya secara langsung.

Mari kita lihat videonya.


Single origin kopi Ciwidey ini menurut lidah Jamur Twini setelah menggunakan syphon adalah aromanya kuat, medium body, manis rasa buah, dan asamnya semakin kuat ketika minuman makin dingin. Sedap pokoknya.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Kopi Ciwidey di dalam syphon

Roasting
Warisan Kopi memiliki alat roasting sendiri sehingga bubuk kopinya segar dan mengeluarkan karakter kopinya. Setiap kali me-roasting kopi, Kang Yudi akan memasukkan green bean sebanyak 260 gram yang mengalami penyusutan menjadi 190 gram dengan suhu 200 derajat celcius selama 25 menit untuk mendapatkan profil medium. Mesin ini hanya dikhususkan untuk keperluan kedai saja. Yuk, kita ikuti proses roasting-nya ^_^


Sajian Makanan
Sajian makanan di Warisan Kopi berupa camilan seperti pancake, kentang goreng, dan banana crispy. Ke depannya, kedai ini akan menyediakan makanan berat juga. Jamur Twini mencoba banana pancake. Banana pancakenya unik terdiri dari enam lapis pancake yang terbuat dari putih telur dengan irisan pisang segar, keju parut, dan susu coklat. Manisnya pas, bikin kenyang, dan lembut.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Banana pancake Warisan Kopi

Harga
Untuk menikmati sajian kopi di Warisan Kopi, harganya terjangkau berkisar Rp12.000,- sampai Rp27.000,-

Selain itu, Warisan Kopi juga menjual roast bean dan bubuk kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Berbagai jenis roast bean

Menurut pengamatan Jamur Twini, Warisan Kopi memiliki alat yang cukup lengkap sehingga kamu bisa mencoba kopi dengan berbagai metode. Setiap metode akan menghasilkan rasa yang berbeda dan khas meskipun dari satu jenis kopi. Kopi memang penuh kejutan.

Warisan Kopi: House of Indonesian Coffee Heritage
Jamur Twini menikmati segelas kopi Ciwidey dari syphon

Warisan Kopi
Coffee & Micro Roastery
Jl.Sangkuriang Kav 19-23 Cimahi
Jam buka senin – jumat, dan minggu pk. 10.00 – 23.00 WIB
Jam buka sabtu pk. 10:00 - 00:00 WIB
Line: warisankopi-cmh
No kontak: 0896-2081-9907
Twitter dan Instagram: @warisankopi
SHARE

About Evi Sri Rezeki

7 komentar :

  1. Wah, tempatnya keren banget. Kapan-kapan saya jalan-jalan kesana deh.

    BalasHapus
  2. Sajian kopinya dari berbagai tempat di nusantara, emang layak dicoba ngopi di sana kyknya nih :D
    TFS
    Btw mbak, aku naksir header blognya, kok bagus siiih :D

    BalasHapus
  3. Tempatnya bagus, bagus buat foto-foto juga, varian kopi yang disediakan bikin penasaran buat nyicipi tapi sayang jauh banget sari Bangkalan. Aku nggak bisa kesana :(

    BalasHapus
  4. Warisan kopi.. Semoga mampu bersaing di tanah sendiri mengalahkan pendatang yg semakin menjamur..

    Kopi saat ini sudah menjadi minuman yang cocok untuk segala suasana...

    Mau yng spesifik bisa datang ke cafe..mau glyg instant.. Seduh yang plastikan..

    Ngopi sepertinya sudah menjadi budaya yang berkembang pesat

    BalasHapus
  5. Berasa ada di lan kimia hehe ada gelas labu ya namanya itu

    BalasHapus
  6. lebih suka kopi yang dari biji bukan kopi bubuk atau kopi instan.

    BalasHapus
  7. skrg aku jd penikmat kopi apalagi kalo pake es.. segeer
    tempatnya nyaman bgt yaa buat me time :-)

    BalasHapus