Pletek Leleo: Nikmati Lele dan Pilih Sambalnya

Written By Evi Sri Rezeki on Rabu, 15 April 2015 | 00.44

Sajian lele Pletek Leleo
Sajian lele Pletek Leleo


Ada tempat makan anyar di Bandung, namanya Pletek Leleo. Jamur Kecil penasaran pengin nyobain makan di tempat ini. So, suatu siang panasnya mencurigakan bakal hujan, Jamur Besar dan Jamur Kecil pun melanglang buana ke daerah jalan Rama. Baru sampai tempat kira-kira lima belas menit, hujan badai pun turun (ini bukan mendramatisasi) *abaikan*.

Eksterior dan Interior
Lokasi Pletek Leleo mudah ketemu, tempatnya pinggir jalan. Parkirnya sendiri enggak begitu luas, cukup buat satu mobil dan beberapa motor saja.

Bicara soal interiornya, bisa kebilang sederhana dengan meja-meja panjang dan tempat duduk plastik. Mirip-mirip warung tenda. Daya tampungnya pun enggak begitu banyak.

Eksterior dan Interior Pletek Leleo
Eksterior dan Interior Pletek Leleo

Makanan
Sajian khas Pletek Leleo adalah lele. Yang istimewa dari tempat makan ini adalah pilihan sambal buat lele. Biasanya Jamur Kecil makan lele dengan teman setianya sambal pecel. Nah, di sini, Jamur Kecil disuguhi tiga pilihan sambal yaitu sambal korek, sambal leleo, dan sambal kacang dengan level pedas yang bisa dipesan. Karena penasaran, Jamur Kecil nyobain ketiga sambal ini. Eh, Jamur Besar ikut-ikutan juga. Hih!

Pesanan kami datang, segera saja Jamur Besar dan Jamur Kecil menyantap lele gorengnya. Lele dan teman-temannya nongkrong cantik di atas piring dari anyaman rotan.

Nasi uduk, sajian lele dan tiga jenis sambal
Nasi uduk, sajian lele dan tiga jenis sambal

Tingkat garing lelenya sedang, enggak terlalu garing atau basah. Jamur Kecil paling malas kalau lele gorengnya basah, kemungkinan bagian dalam lelenya terasa pahit. Untung saja yang ini enggak. Lele ditemani dengan lalap mentah. Nasi uduk, lele, tahu, tempe, lalap, dan sambal, kombinasi yang nggak ada matinya!

Pertama, Jamur Kecil coel-coel lele ke sambal leleo. Ternyata rasanya manis. Apa sih bedanya sambal leleo ini dengan sambal yang lain? Letak khasnya ada dibahan sambal yang mengandung banyak tomat sehingga menciptakan rasa manis dan asam khas tomat.

Kedua, Jamur Kecil nyicip sambal korek. Yang ini rasanya lebih segar. Sambal korek ini semacam sambal dadak yang berbahan dasar cabe rawit, bawang putih, bawang merah, garam, dan minyak goreng. Berkat rasa asin, sambal ini paling cocok di lidah Jamur Kecil.

Ketiga, Jamur Kecil cocol sambal kacang yang bisa ditebak berbahan dasar kacang sehingga berasa gurih.

Selain lele, Pletek Leleo juga menyajikan ayam dan bebek goreng. Jadi buat kamu yang kurang cocok dengan lele bisa pilih kedua menu lainnya. Sambalnya, pilih saja dari ketiga jenis sambal di atas.

Oh ya, nasinya ada dua pilihan yaitu nasi biasa dan nasi uduk.

Minuman
Pilihan menu minumannya belum begitu beragam. Ada teh, kopi alpukat, atau minuman botol. Jamur Besar pilih es teh Tarik. Giliran Jamur Kecil yang ikut-ikutan hahaha.

Es teh tarik Pletek Leleo
Es teh tarik Pletek Leleo

Harga
Makanan: satu paket nasi, lele, tahu, tempe, lalap, dan satu pilihan sambal seharga Rp15.000
Minuman: berkisar dibawah Rp10.000

Yuk, cobain Pletek Leleo! Nikmati lele dan pilih sambalnya *\^^/*

Pletek Leleo
Jl. Rama No. 30 Bandung
Delivery service 0877.22.300.305

Twitter: @pletekleleo
SHARE

About Evi Sri Rezeki

6 komentar :

  1. aduuuh...asli ngileeer liat gambarnyaaa....enak kayaknya semua ya vi :)

    BalasHapus
  2. baca dari awal sampai akhir, asli ngiler.. llihat daftar harganya, makin ngiler... di sini 15000, mungkin nasi bungkus aja kali, ya,...

    BalasHapus
  3. Gak suka lele ^^ utung ada ayam dan bebeknya ya jadi kalau ke sana aku bisa ikutan makan ^^

    BalasHapus