Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner Sehat

Written By Evi Sri Rezeki on Sabtu, 05 Maret 2016 | 01.59

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Open kitchen Mini Pawon

Sebagai penggemar mie kelas kakap, Jamur Twini suka berburu mie yang sehat. Seperti yang Jamur Twini pernah ceritakan, sejak kecil sampai masa-masa kerja, mie adalah salah satu makanan favorit dan wajib cicip minimal seminggu tujuh kali #ehgimana. Nah, semenjak Jamur Twini ketemu seorang dokter, Jamur Twini dilarang makan mie demi kesehatan dan kecantikan. Boleh sih sesekali, maksimal sebulan sekali saja. What??? Bayangkan perubahan siklus hidup Jamur Twini, rasanya kering kerontang bak ranting kejemur sebulan.

Beruntungnya seorang teman bernama Teh Ima mengajak Jamur Twini menyambangi sebuah kafe baru di Bandung. Mini Pawon, kafe itu.

Tempat
Begitu masuk kafe Mini Pawon yang kiri-kanannya diramaikan tetumbuhan, pelataran parkir yang mungil namun masih sanggup menampung dua mobil dan beberapa motor. Jangan khawatir, Kafe Mini Pawon ini berlokasi di jalan Flores dimana kamu bisa parkir di sepanjang pinggir jalan.


Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Interior meja dan kursi Mini Pawon di lantai satu

Kafe Mini Pawon terdiri dari dua lantai. Interior kafenya sederhana dengan meja kayu berbentuk kotak dan kursi plastik berwarna merah. Ada juga meja panjang dan open kitchen yang bersatu dengan kasir. Ornamen-ornamen kayu mendominasi kedua lantai tersebut. Yang unik ada di lantai dua di mana ada satu dinding penuh berhias keramik. Tanaman rambat menjalar di bagian terluar lantai dua menambah kesan sejuk.

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Lemari berhias ragam keramik

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Suasana hangat dan asri Mini Pawon di lantai dua

Sajian Makanan
Ada tiga jenis makanan yang disajikan Mini Pawon, yaitu makanan berat, makanan ringan, dan roti-rotian. Makanan berat terdiri dari mie, nasi, salad, steak, dan soup. Makanan ringan terdiri dari kerupuk, keripik, pisang goreng, dan pangsit goreng. Sedangkan roti-rotiannya terdiri dari roti bakar asin, roti bakar manis, dan roti gandum. Melihat ragam sajian ini, rasanya Mini Pawon bisa memuaskan hasrat berbagai selera pencinta kuliner.

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Menu Mini Pawon

Perkenalkan ini Bu Ati Sumiati, pemilik sekaligus peracik makanan di Mini Pawon. Beliau ini penyanyi seriosa loh. Dan Bu Ati yang multitalent ini pernah menjadi pembuat berbagai kebutuhan kain yang didesain dan lukisan tangan sendiri di kediaman Presiden RI kedua dan ketiga, Pak Soeharto dan Pak Habibie.

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Bu Ati Sumiati, pemilik Mini Pawon (sumber foto: Teh Ima)

Bagaimana bisa Bu Ati terjun ke dunia bisnis kuliner? Pertama kali Bu Ati mengurusi bisnis makanan adalah sebagai penyedia makanan di RSHS. Setelah ditutup karena enggak boleh ada rumah sakit dalam rumah sakit, Bu Ati membidani Mini Pawon ini setelah sebelumnya membuat restoran Calista.

Pemilihan nama Mini Pawon berasal dari keadaan kafe yang memiliki dapur kecil. Pawon dalam bahasa Sunda berarti dapur. Tapi ya dengan dapur kecil itu, Bu Ati berhasil mengembangkan menu yang beragam. Salut deh. Kebayang kalau dapurnya besar bakal sebanyak apa coba menunya?

Pisang Goreng
Ada tiga makanan jagoan Mini Pawon yang Jamur Twini cobain. Pertama-tama, Jamur Twini melahap pisang gorengnya. Pisang gorengnya sepertinya biasa saja, garnisnya sederhana. Keistimewaannya terletak di saus atau vla rasa karamelnya. Vlanya legit percampuran antara gula dan susu. Manisnya pas. Sumpah ini enaaaak ... banget!

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Pisang goreng vla karamel ala Mini Pawon

Mie Siram Iga
Menu kedua adalah Mie Siram Iga. Mienya yang berwarna putih ini hasil tangan Bu Ati sendiri dan karena pengalamannya di RSHS, gizinya diperhitungkan betul. Terbuat dari tepung istimewa dan telur. Rasanya lembut dan mudah dimakan. Ditambah lagi dengan saus dan iganya yang sudah dipotong kecil-kecil tanpa tulang. Iganya lembut, gurih, manis, dan enggak bergaji yang bikin eneg di lidah. Jangan lupakan kuah kaldunya yang gurih, asinnya pas, dan sayurannya organik. Kamu juga bisa coba nasi siram iga kalau kurang suka mie. Oh iya, mie yang ada di Mini Pawon enggak mengandung MSG jadi lebih sehat.

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Mie Siram Iga Mini Pawon

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Kuah Mie Siram Iga Mini Pawon

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Nasi Siram Iga Mini Pawon

Mie Saus Lidah Keju
Makanan ketiga pun datang berupa Mie Saus Lidah Keju. Tampilannya mirip fettucini dan rasa saunya pun mirip. Mienya sama lembut dan dengan sedikit kunyahan sudah aman dicerna lambung. Lidah sapinya pun gurih, rasanya pas melebur dengan kejunya. Sedikit saran, Mie Saus Lidah Keju ini enak disantap selagi panas, kalau sudah dingin rasanya berubah agak hambar.

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Mie Saus Lidah Keju Mini Pawon

Sajian Minuman
Sajian minuman terdiri dari jus, teh, kopi, dan soft drink. Ada dua minuman istimewa yaitu jus Panaruk alias pakcoy, nanas, dan jeruk, juga ada jus Timpel atau jus campuran timun dan apel. Jus-jus yang ada di Mini Pawon enggak dikasih gula tambahan, rasanya asli banget. Jamur Twini nyobain minum jus Panaruk yang rasanya segar, enggak pahit, dan enak ke badan.

Mini Pawon: Dapur Kecil Penghasil Beragam Kuliner
Jus Panaruk Mini Pawon

Jamur Twini puas banget makan mie di Mini Pawon. Enggak akan ragu buat menghabiskan jatah kenakalan makan mie di sini, alasannya sederhana karena mie di Mini Pawon itu sehat. Besok-besok mau ke sini lagi nyobain menu lain. Sayang banget kalau sampai melewatkan Mini Pawon, dapur kecil penghasil beragam kuliner sehat ini.

Harga
Makanan berat berkisar antara Rp10.000 – Rp45.000
Makanan ringan berkisar antara Rp4.000 – Rp15.000
Roti-rotian berkisar antara Rp9.000 – Rp17.500
Minuman berkisar antara Rp4.000 – Rp22.500

Mini Pawon
Jl. Flores No. 5, samping Hotel Amaroosa, Bandung
Telepon: +62 22 4261475
Buka pukul 10.00 – 21.00 WIB
SHARE

About Evi Sri Rezeki

0 komentar :

Posting Komentar