Resep Mengolah Bumbu Padang Instan Restu Mande

Written By Evi Sri Rezeki on Sabtu, 20 Juni 2015 | 23.39

Punya pasangan berdarah keturunan Padang, itu bagaikan dua mata koin. Sisi menyenangkan adalah bisa ngerasain masakan padang yang enak bener! Pasalnya, Nenek Jamur Besar itu hobi banget masak rendang padang. Masaknya bisa berjam-jam, resep turun temurun, hasilnya beuuuh … mantap banget! Rendang padang terenak yang Jamur Kecil makan. Makanya kalau Nenek kebetulan ke Cimahi, kami suka banget berkunjung buat makan rendang padang. Ealaaah … ini cucu durhaka amat, bukannya bantuin masak malah ngabisin doang.

Oke, itu sisi menyenangkan. Sisi buruknya, Jamur Besar sering banget bilang, “Kapan mau belajar bikin rendang padang sama Nenek?” Kalau udah gitu, Jamur Kecil kepingin nangis guling-guling. Jamur Kecil memang nggak hobi masak, sukanya makan. Makanya ini blog isinya kebanyakan review bukan resep.

Bulan Ramadhan ini, entah kesambet apa, Jamur Besar minta Jamur Kecil masak rendang padang. Setelah menolak ribuan kali, Jamur Kecil tetap nolak sih. Sehabis itu, Jamur Kecil mikir, pengin sih sekali-kali ngasih kejutan. Tapi bagaimana mungkin, tahu bumbu padang saja Jamur Kecil sulit? Suka susah ya, padahal tinggal Googling. Etapi kalau lihat Nenek lagi mengolah bumbu padang itu kelihatannya rumit banget.

Dengan keinginan sekuat baja, Jamur Kecil konsultasilah sama teman-teman Blogger. Nggak nyangka, ada yang ngasih rekomendasi buat nyobain rendang kemasan. Hah, apa itu? Sumpah deh, Jamur Kecil ketinggalan banget. Jadi rendang kemasan itu produk yang dibuat dengan menambahkan lebih dari 25 rempah dan daging pilihan ini, rasanya sangat original tanpa MSG, dan memiliki umur simpan lebih dari 1 tahun tanpa penambahan  bahan pengawet. Dan yang bikin rendang kemasan ini Restu Mande, salah satu restoran Padang di Indonesia. Jangan salah, Restu Mande adalah founder rendang kemasan.

Berbekal informasi tersebut, jalanlah Jamur Kecil ke Rumah Makan Restu Mande, berlokasi di jalan Brigjen Katamso 64, Bandung. Ternyata bukan cuma tersedia rendang kemasan, ada juga varian bumbu Padang. Dengan berbagai pilihan itu, Jamur Kecil membeli bumbu padang Restu Mande rasa gulai cincang dan bumbu bakar. Harganya gimana? Rendang instan sapi ori Rp78.000,- dan Sapi spicy Rp80.000,- saja. Sementara untuk bumbu padangnya Rp22.500,- per kemasan. Menurut Jamur Kecil, harganya worth it banget, bayangin repotnya kalau bikin sendiri?

Sore itu juga, Jamur Kecil mengungsi ke rumah Mama. Alasannya sih biar bisa dibimbing Mama masak dan bumbu lainnya tersedia lengkap. Ha ha ha, pemanfaatan banget ya? Sebenarnya, ada petunjuk praktis cara bikinnya. Oh iya, ini kan kejutan, jadi Jamur Kecil nggak bilang-bilang sama Jamur Besar.

Rendang Kemasan

Rendang Kemasan Restu Mande 

Cara Membuat:
  • Buka kemasan, di dalamnya ada rendang dalam plastik kedap udara.
  • Siapkan panci berisi air hangat, rendam rendang tanpa membuka kemasannya selama lima menit.
  • Siapkan ketel, tuangkan minyak secukupnya. Cukup dengan api kecil.
  • Setelah minyak agak panas, masukkan rendang.
  • Campurkan air sebanyak satu gelas belimbing.
  • Aduk-aduk sampai rata dan sampai bumbunya mengental. Rendang siap disajikan. 

Untuk maksimal 8 orang.

Rendang Padang Restu Mande

Gulai Telor dan Kentang

Bumbu Padang Restu Mande

Bumbu Padang Restu Mande varian Gulai cincang ini saya kreasikan menjadi gulai telor dan kentang.
Bahan:
Setengah kilo telur ayam
Setengah kilo kentang
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Cabe rawit secukupnya
Santan murni
Bumbu gulai cincang Restu Mande

Cara Membuat:
  • Kupas kentang, lalu potong menjadi delapan bagian.
  • Rebus kentang hingga setengah matang
  • Rebus telor sampai matang, lalu kupas kulitnya.
  • Cuci dan iris bawang merah dan bawang putih
  • Siapkan ketel, masukkan minyak secukupnya dalam api sedang
  • Masukkan bumbu basah, daun jeruk, dan daun kunyit yang terdapat dalam kemasan bumbu gulai Restu Mande hingga aroma bumbu keluar
  • Masukkan santan, telor rebus, kentang, dan bumbu kering yang terdapat dalam kemasan bumbu gulai Restu Mande. Aduk hingga menyatu semua bumbu.
  • Ungkap selama kurang lebih 30 menit.


Untuk maksimal 5 orang.

Gulai Telor dan Kentang kreasi bumbu gulai Restu Mande

Nasi Goreng Bumbu Bakar

Bumbu Bakar Restu Mande

Bumbu Padang Restu Mande varian bumbu bakar ini saya kreasikan menjadi nasi goreng.

Bahan:
Nasi putih untuk empat porsi
4 butir telur
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Cabe rawit secukupnya
Bumbu bakar Restu Mande

Cara Membuat:
  • Cuci dan iris bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit.
  • Siapkan ketel, masukkan minyak secukupnya dalam api sedang
  • Masukkan irisan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit sampai wangi.
  • Masukkan nasi dan bumbu bakar Restu Mande, aduk rata hingga aroma bumbu keluar
  • Angkat nasi goreng.
  • Goreng telur dengan cara diceplok. 

Untuk 4 orang

Nasi Goreng Bumbu Bakar Kreasi Bumbu Bakar Restu Mande

Resep-resep di atas termasuk sangat sederhana, kamu bisa mengreasikan bumbu padang Restu Mande dalam berbagai sajian.

Terus gimana komentar Jamur Besar pada saat mencicipi rendang dan masakan Jamur Kecil? “Enaknyooo … masakan Jamur Kecil. Kayak masakan Nenek!” Huaaa saya pengin loncat-loncat setinggi langit. Untung ada bumbu padang Restu Mande. Pssst … jangan bilang-bilang Jamur Besar rahasia resep Jamur kecil ya ^_~. 

Nah kesimpulannya setelah mencoba rendang kemasan Restu Mande, dagingnya empuk, pedasnya pas, dan sangat mudah masaknya. Walaupun buat sebagian keluarga Jamur Kecil, rendangnya terlalu pedas. Untuk bumbu lain juga sangat mudah dikreasikan, hanya saja takaran bumbu harus tepat agar enggak memberi efek pahit di lidah. 

Rumah Makan Restumande
Jalan Brigjen Katamso 64, Bandung
Order (SMS/WA): 08562306040
Pin BB: 5755BC09
FB: Rendang Kemasan Restumande
Twitter: @Restumande dan @BumbuPadang
Instagram: @Restu_mande

Website: www.restumande.com
SHARE

About Evi Sri Rezeki

23 komentar :

  1. Teh Evi itu bahannya meuni ditambahin cabe lagiiii... Hahaha uedan tenan, ingat-ingat kurangi cabe, wkwkwk~ tapi emang ya makan masakan Padang kalo ngga pedes itu kurang nampol #ngakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha maklum pencinta pedas sejati :D

      Hapus
  2. jamur kecil.. di sini jamur kuping hehehe

    BalasHapus
  3. jamur kecil, jamur besar, boleh icip-icip dulu? :)

    BalasHapus
  4. Hihi... lucu jamur kecil jamur besar...... keren tapinya, iya ingat ya jamur kecil kurangi pedas ....:D

    BalasHapus
  5. mau dong nasi gorengnya... klo ga dikasih bilangin jamur besar loh rahasianya :p

    BalasHapus
  6. Wah.... nasi goreng bumbu bakarnya bikin saya ngacaaaaaaay....

    BalasHapus
  7. sebentar, itu yang masak evi? ko aku ga yakin yah... tapi bentuk rendangnya agak gimana gitu yah, asa kurang greget lihatnya, mirip kayak brownis yang tampilannya kurang menarik tetapi ketika dimakan enak dan manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih fotonya emang kurang oke, tapi rasanya ... enak kok hahaha

      Hapus
  8. euleeuuhh.. mau ih nasgornya... kenal restu mande, susah sepertinya pisah dari cabe ya... hidup ini memang penuh dilema... :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha cabe mah jangan dibikin dilema, dimakan aja :D

      Hapus
  9. Aduhhh ini enakkk banget jam sahur kesini.....ini lagi hits banget restu mande ya....pengen pesen mak

    BalasHapus
  10. onde mandeee lamak banar naah, jadi lapar :D

    BalasHapus
  11. saya suka masakan padang holic..baru tau ada bumbu kaya gini..mo cobain yang praktis2..

    BalasHapus